SINODE GEREJA YESUS HIDUP SEJATI (YHS)

Gereja Yesus Hidup Sejati disingkat dengan nama Gereja YHS. Gereja YHS adalah sebuah sinode atau persekutuan Gereja Kristen Karismatik yang berpusat di Indonesia.

Singkatan : Gereja YHS
Klasifikasi : Kristen Kharismatik
Naskah Agama : Kitab Suci IMB
Struktur Organisasi : Kongregasional Episkopal
Bahasa : Indonesia
Kantor Pusat : Jl. Gunung Latimojong 33, Makassar, Sulawesi Selatan
Pendiri : S.Ps. Dr. Yusak Hadisiswantoro
Didirikan : 13 Agustus 2012
Jemaat : 15.000 (2019)
Jumlah Pejabat : 250 (2019)
Jumlah Gereja : 54 (2019)
Panti Asuhan : Rumah Kasih Hanna
Pendidikan Tinggi : STT Bisanry
Radio : Suara Sangkakala Malang
  Suara Sangkakala Palangkaraya
  Simfony Makassar
Situs Web : www.yhschurch.com

SEJARAH

Sinode Gereja Yesus Hidup Sejati (YHS) ini, berdiri dan diakui secara resmi oleh pemerintah melalui Surat Keputusan Dirjen Bimas Kristen nomor: DJ.III/Kep/HK.00.5/541/2012, Tanggal 13 Agustus 2012, dan diperpanjang izinnya dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor: 119 Tahun 2017 tentang Pendaftaran Ulang Gereja Yesus Hidup Sejati. Namun, sejarah YHS sudah dimulai puluhan tahun sebelum Gereja ini berdiri secara independen sebagai sebuah sinode tersendiri.

VISI

“Mega Churches yang berkembang tanpa batas dengan gereja-gereja satelit yang terdiri dari keluarga-keluarga sukses dan bahagia yang dikenan YAHWEH dan manusia”

MISI

“Mengubah jemaat biasa menjadi hamba Tuhan militan yang aktif melayani di gereja rasuli”

PENGAKUAN IMAN

Gereja YHS percaya bahwa:

  1. YAHWEH adalah Nama Bapa di surga.
  2. YAHWEH menyatakan diri-Nya menjadi manusia dalam diri YESUS Kristus.
  3. YESUS Kristus adalah pusat pemberitaan di dalam kehidupan orang percaya.
  4. YESUS Kristus disalibkan, mati, dan bangkit, serta naik ke surga dan akan datang kembali menjemput orang percaya.
  5. Roh Kudus adalah pribadi Tuhan yang menyertai di dalam orang percaya.
  6. Kitab Suci adalah kabar baik yang diilhamkan oleh Roh Kudus tanpa salah.
  7. Keselamatan adalah anugerah Elohim kepada manusia yang diterima melalui iman dalam YESUS Kristus, dan bukan karena usaha atau perbuatan manusia.

PENGAJARAN

Gereja YHS ditopang oleh 3 pilar fondasi sebagai nilai inti pengajaran yang kuat. Adapun 3 Pilar Gereja YHS adalah:

PILAR I – “OUR HEAVENLY FATHER IS YAHWEH”

NAMA BAPA DI SURGA ADALAH YAHWEH

Beberapa tahun terakhir kekristenan Indonesia dihebohkan tentang kontroversi nama YAHWEH dan Allah. Sebagian besar beranggapan bahwa orang Kristen tidak masalah menggunakan dan menyebut nama Allah, namun sebagian orang lagi sudah menyebut nama YAHWEH. Tetapi yang disayangkan adalah ada golongan lain yang mengatakan bahwa mereka yang memakai nama YAHWEH adalah sekte atau bidat yang menyimpang dari kebenaran firman Tuhan.

Gereja YHS mendeklarasikan bahwa nama Bapa di Surga adalah “YAHWEH” dan bukan “Allah”.

Sebab dalam kitab suci dalam terjemahan aslinya sangat jelas menuliskan bahwa nama Bapa di Surga adalah YAHWEH.

PILAR II – “JESUS IS THE CENTER OF YHS CHURCH”

YESUS ADALAH PUSAT DARI GEREJA YHS

1 Korintus 3:11 “Sebab tidak seorang pun dapat meletakkan fondasi lain, selain yang sudah diletakkan, yaitu YESUS Kristus.

Yesus Kristus adalah pusat dari Gereja YHS, artinya segala pengajaran, setiap khotbah-khotbah, dan setiap firman Tuhan yang disampaikan dalam Gereja YHS, semuanya berisikan tentang Yesus Kristus bukan yang lain. Karena Yesus Kristus adalah pusat dari Gereja YHS.

2 Korintus 4:5 Sebab kami tidak memberitakan diri kami sendiri, melainkan Kristus YESUS sebagai Tuhan, dan kami adalah hambamu karena YESUS.

Gereja YHS adalah gereja yang terpusat kepada Yesus Kristus, oleh karena itu Gereja YHS hanya memberitakan Yesus Kristus saja. Sebab Gereja YHS mengakui dan percaya bahwa Yesus Kristus adalah satu-satunya Tuhan dan Juruselamat dunia.

PILAR III – “PREACH THE GOSPEL OF GRACE AND TRUTH”

MEMBERITAKAN INJIL ANUGERAH DAN KEBENARAN

Gereja YHS Memberitakan Injil Anugerah Dan Kebenaran. Injil adalah kabar baik yang harus disampaikan kepada dunia, sehingga mereka yang mendengar dan percaya pada pemberitaan Injil beroleh kemerdekaan, kelegaan dan keselamatan di dalam Yesus Kristus Tuhan. Sebab itulah Yesus sendiri menyampaikan kabar baik dan mengutus para Rasul dan orang-orang percaya untuk menyampaikan kabar baik itu kepada dunia.

Tuhan Yesus Kristus memberitakan kabar baik kepada dunia, bahkan Yesus memberikan amanat agung kepada para murid untuk memberitakan, menyampaikan dan mengajarkan kepada seluruh umat manusia tentang Injil Anugerah dan Kebenaran.

Injil Anugerah adalah pemberitaan tentang Yesus Kristus dan segala karya-Nya yang sudah Yesus lakukan dan selesaikan di atas kayu salib, bukan tentang aturan-aturan dan hukum Taurat.

Gereja YHS mengajarkan atau menyampaikan apa yang Yesus Kristus sudah selesaikan di atas kayu salib, bukan hanya melakukan ritual atau hanya sekedar sebuah rutinitas keagamaan saja, tanpa mengalami perjumpaan pribadi dengan Yesus.

STRUKTUR ORGANISASI

Periode Kerja 2017-2021

Ketua Umum : Ps. Hiljanto Tjandra
Sekretaris Umum : Ps. Garry Jordan
Bendahara Umum : Ps. Lies Kusumawati
Sekretaris 1 : Ps. Septian Siawan
Bendahara 1 : Ps. Natalia Michella