Biblical Journey – Tiatira, Sardis, FiladelfiaBiblical Journey – Thyatira, Sardis, Philadelphia

BIBLICAL JOURNEY 2016
Ps. Yusak Hadisiswantoro
(Senior Pastor YHS Church)

-DAY 1-
Rabu, 16 November 2016

GEREJA TIATIRA

Wahyu 2:18
Tahun 30 Masehi

Penduduk di kota ini adalah paganism (penyembah dewa-dewa), tetapi ada orang-orang yang percaya Tuhan Yesus, mereka beribadah walaupun di tengah-tengah kesulitan, namun mereka tetap percaya dan berani percaya.
Tegoran bagi Tiatira adalah supaya tidak menyeleweng dan berzina ke berhala-berhala, mereka diberi waktu untuk bertobat.

Hal-hal baik yang tertuliskan di Kitab Wahyu adalah bahwa mereka:
1. Punya kasih
2. Punya iman
3. Punya pelayanan yang baik
4. Punya ketekunan
(Bahkan pekerjaan yang terakhir lebih baik dari pekerjaan yang dulu), tidak kendor dan semakin berkualitas.

Sampai akhirnya pada abad ke-4, Kekristenan di kota ini berkembang luar biasa. Dari perintisan yang sederhana (jemaat-jemaat yang tersembunyi), akhirnya berkembang pesat menjadi Gereja Tiatira yang sangat terkenal di dunia.
Teruskanlah hal-hal yang baik. Biarlah kasih, iman, pelayanan, dan ketekunan kita tetap selalu menyala-nyala sampai Tuhan datang. Terimalah kuasa atas bangsa-bangsa, bahkan bintang timur juga akan dikaruniakan.

 

 

GEREJA SARDIS
Wahyu 3:1-6

Ibu kota Lidia. Merupakan kota militer yang kuat. Namun Kekristenan kecil (minoritas), karena mayoritas adalah penyembah berhala (paganism), bahkan yang Kristen ikut-ikutan menjadi penyembah berhala. Sehingga dikatakan bahwa Gereja ini sesungguhnya mati, walaupun kelihatannya hidup.

Hal-hal yang dapat kita pelajari adalah:
1. Janganlah karena kita minoritas, namun terhanyut oleh mayoritas.
2. Janganlah memperlihatkan bahwa seolah-olah kita hidup, padahal sebenarnya mati.
(Mungkin KTP kita adalah Kristen, sering ke Gereja, rajin ibadah dan pelayanan, namun sebenarnya kita mati dan tidak benar-benar menghidupi apa yang difirmankan-Nya). Marilah, sudah saatnya bangkit dan menyala-nyala bagi Tuhan!
3. Kita harus menyadari bahwa tidak ada gereja yang sempurna. Dari yang ada, dari yang tersisa, marilah bangkit untuk menunjukkan terang-Nya! Sebab Roh Tuhan atas kita dan terang Tuhan bersinar atas kita!

 

GEREJA FILADELFIA
Wahyu 3:7
Disini kita belajar artinya kasih persaudaraan.

Kita diingatkan bahwa:
1. Masih ada Tuhan yang memiliki Kuasa tak terbatas.
Jika Tuhan yang membuka, tidak akan ada yang bisa menutup. Dan sebaliknya, jika Tuhan yang menutup maka tidak akan ada yang bisa membukanya.
Kita bisa ada sebagaimana kita ada saat ini adalah karena Tuhan. Kita memiliki pekerjaan yang baik, keluarga yang baik, komunitas yang baik, dll, semua adalah karena Tuhan yang telah membukanya.

Mungkin ada orang-orang disekitar kita yang mereka-rekakan hal yang jahat, namun percayalah bahwa Tuhan PASTI akan menjadikannya kebaikan.

2. Kita juga diteguhkan untuk tidak menyangkal Nama Tuhan dan supaya senantiasa memelihara Firman Tuhan, hal ini adalah modal yang luar biasa bagi kita, walaupun mungkin kita adalah orang-orang kecil dan sederhana, namun kita memiliki Tuhan yang luar biasa.

3. Pencobaan/tantangan dan kesulitan memang ada, namun Tuhan telah berjanji bahwa Dia akan melindungi kita. Bahkan Tuhan menganugerahkan keselamatan bukan karena perbuatan kita, melainkan semata-mata oleh karena anugerah. Peganglah erat mahkota keselamatan kita dan jangan lepaskan.

4. Tuhan telah memanggil dan menjadikan kita PILAR di gereja lokal kita, yang juga merupakan rumah rohani kita.

See you at DAY 2,
Keep PRAY

YESHUA HaMashiakh Bless You!